Debat Sandiaga vs Ma’ruf Amin dinilai lebih menarik

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

Debat Sandiaga vs Ma’ruf Amin dinilai lebih menarik

Direktur Sinergi masyarakat untuk demokrasi Indonesia (Sigma), Said Salahuddin menilai debat cawapres Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno diyakini lebih menarik daripada debat capres.

“Pemilih pada umumnya sudah mengetahui kualitas capres Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Sebab, keduanya sudah pernah berhadapan pada debat Pilpres 2014,” katanya di Jakarta, Jumat (11/01/2019).

Menurutnya, debat bakal cukup efektif untuk mempengaruhi pilihan pemilih. Apa yang menjadi visi dan misi calon akan dinilai oleh pemilih. Aspek rasionalitas program, argumentasi, gestur, gaya berdebat, dan penggunaan bahasa biasanya akan menjadi pertimbangan utama Pemilih.

Debat Joko Widodo dan Prabowo Subianto, dikatakan Said, hanya akan berpengaruh banyak terhadap pilihan pemilih pemula.

“Pemilih pemula ini kan pada umumnya baru melek politik. Sensasi debat Jokowi versus Prabowo lima tahun yang lalu belum pernah mereka rasakan,” katanya.

Sayangnya, jumlah pemilih pemula ini tidak cukup jelas. Ketua KPU bilang sekitar lima juta orang, sementara salah seorang Anggota KPU menyebut sekira 1,2 juta Pemilih.

“Tetapi, untuk debat cawapres kondisinya mungkin akan berlainan dengan debat capres. Sebab, pasangan Jokowi dan Prabowo di Pilpres 2019 ini berbeda dengan Pilpres 2014. Baik Ma'ruf Amin maupun Sandiaga Uno belum pernah berhadap-hadapan dalam sesi debat,” ujarnya.

Dikatakan Said, sebagian pemilih mungkin pernah menyaksikan kualitas Sandiaga pada Pilgub DKI Jakarta 2017, tetapi dengan lawan debat yang berbeda.

“Nah, dari sesi debat Ma'ruf versus Sandiaga itulah kemungkinan bisa muncul perubahan elektabilitas dari kedua pasangan calon. Sebab, Pemilih pemula, 'swing voters' dan kelompok 'undecided voters' sepertinya masih dapat 'digoda' oleh para cawapres pada saat sesi debat nanti,” katanya.

Oleh sebab itu, Said meyakini  debat cawapres lebih berpeluang untuk mengubah pilihan pemilih dibandingkan dengan debat capres.

“Debat antara Ma'ruf Amin yang sudah berusia sangat senior dan Sandiaga Uno yang jauh lebih junior boleh jadi sudah sangat dinanti,” pungkasnya.

Said Dudu sebut mobil Esemka proyek bohong
Usai bebas, beredar foto Ahok dengan keluarga Bripda Puput
Ahokers harap Basuki Tjahaja Purnama jadi ketua KPK
Kubu Prabowo: Fitnah tabloid Indonesia Barokah merupakan cara primitif
Ahok bebas dan dijemput putra sulungnya
Ini kata Fahri Hamzah soal penanganan bencana alam
Rela tidur di emperan tapi gagal bertemu Basuki, Ahoker mewek
Basuki Tjahaja Purnama bebas, ini harapan Ahoker
IHSG melemah, Analis rekomendasi saham Bank BRI
Pakar: Stunting tidak diwariskan
Beda pendapat Jokowi-Wiranto lebih dahsyat dari hoaks Ratna Sarumpaet
Koneksitas negara hukum dan demokrasi
Cemburu dan cinta berdarah
BNPB: Bencana alam meningkat, kami kewalahan
Menhan: Syarat bebas Ba'asyir harus taat Pancasila
Fetching news ...