Said Dudu sebut mobil Esemka proyek bohong

REPORTED BY: Insan Praditya

Said Dudu sebut mobil Esemka proyek bohong Mantan Sekretaris Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Said Didu

Mantan Sekretaris Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Said Didu mengatakan mobil Esemka yang sempat didengungkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) merupakan proyek bohong.

"Saat itu saya Ketua Persatuan Insinyur Indonesia langsung sudah menyatakan ini pasti bohong-bohong," katanya dalam sebuah diskusi di Media Center Prabowo-Sandi Jakarta Selatan, Rabu (23/01/2019).

Lebih lanjut, Said menduga pengembangan mobil dianggap sama dengan produksi mobil pada umumnya. Menurutnya, pembuatan itu hanya merakit komponen dari pabrikan luar saja, sehingga jauh dari unsur produk dalam negeri.

"Kenapa, industri mobil, mungkin Pak Jokowi menganggap produksi mobil sama (seperti) membuat mobil, membuat mobil semua bengkel bisa membuat mobil. Beli sasis di sana, mesin di sana, bikin bodi," katanya.

Menurut Said, pengembangan mobil perlu mempertimbangkan paten dari kendaraan tersebut seperti after sales maupun pengadaan suku cadangnya.

"Tapi after sales nggak ada, pada saat mau (jual) yang punya paten sasis nggak bisa, yang punya paten mesin nggak bisa, mungkin beliau mebel nggak ada paten santai saja," ujarnya.

"Kenapa saya katakan bohong karena landasan mobil, logam dan desain itu nggak punya, belum pabriknya. Kan pabrik mobil sekarang kita datang, saya pernah Hyundai Korea tiap 2 menit keluar satu mobil. Datang bengkel Esemka berapa hari, ya nggak bisa," terangnya.

Sebelumnya pada awal November 2018, Calon wakil presiden nomor urut 1 Ma'ruf Amin mengatakan proyek mobil Esemka akan diluncurkan pada akhir Oktober silam. Dia mengatakan keputusan itu menunggu dari hak cipta produsen mobil itu.

"Katanya kepenginnya itu Oktober, akhir Oktober. Itu kalau mungkin, mungkin ya. Itu kan mau-maunya si produsen itu. Boleh juga dia Oktober, boleh juga mundur, boleh juga tidak jadi, kan haknya dia," kata Ma'ruf Amin, senin, (12/11/2018) lalu.

Lebih lanjut, Dia mengatakan proyek itu bukan rencana pemerintah, namun para pengusaha lah yang ingin menggagas kembali proyek mobil mangkrak tersebut.

"Bukan saya yang ngomong, kan bukan rencana pemerintah, itu kan rencana pengusaha," tutupnya.

Amerika imbau Iran hentikan program rudal balistik
Fadli Zon: Krisis timur tengah dipicu masalah politik
Dukungan Erwin Aksa sangat diharapkan kubu Prabowo
IHSG masih bakal tertahan di zona merah
Persoalan DPT bermula dari Kemendagri
Golkar akan rapat internal terkait Erwin Aksa dukung Prabowo-Sandi
Politisi Golkar ini dukung Prabowo-Sandi demi sahabat
DPR: Investor berlarian ke luar karena tingginya ongkos produksi
Seberapa narsis dirimu?
Komisi I imbau masyarakat laporkan TNI yang tidak netral
Kubu Jokowii minta Sandiaga realistis dalam membuat program
Kubu Jokowi: Ujian Nasional harus dipertahankan
Aksi ambil untung buat IHSG rentan terkoreksi
Fadli Zon nilai ujian nasional tak selesaikan persoalan standardisasi pendidikan
KPU nilai debat ketiga lebih kondusif dibanding debat kedua
Fetching news ...